Cara Mendapatkan Surat Keterangan Bebas Pajak

Ketika anda mengurus berbagai hal tentang pajak, maka anda akan menemukan dokumen untuk dilampirkan dalam pajak. Surat keterangan bebas pajak merupakan salah satu dokuman yang penting, karena bisa membuat wajib pajak penerima penghasilan dari potongan pajak. Untuk bisa mendapatkan SKB pajak, maka ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Sekilas Tentang Surat Keterangan Bebas Pajak

Surat keterangan bebas pajak atau SKB pajak biasanya akan diperoleh oleh wajib pajak, ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan tax amnesty. Setiap wajib pajak yang memiliki suatu nilai bruto yang peroleh PPH final, maka wajib pajak bisa memohon atau mengajukan pembebasan pajak atau pemotongan PPH yang sifatnya tidak final dan permohonan bisa diajukan ke pihak DJP atau direktorat jenderal pajak.  

Bagi wajib pajak yang ingin mendapatkan fasilitas pembebasan pajak, maka wajib untuk ajukan permohonan dan melampirkan berbagai dokumen penting. Ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi seperti surat keterangan pemenang lelang yang dikeluarkan oleh pemerintah, surat perintah kerja dan beberapa dokumen penting yang lainnya.

Persyaratan Untuk Peroleh Surat Keterangan Bebas Pajak

1. Sertakan Surat Pemberitahuan Pajak

Bagi wajib pajak yang ingin memperolah SKB pajak, maka harus menyampaikan surat pemberitahuan pajak tahunan yaitu PPH tahun sebelumnya. Secara umum lampiran surat pemberitahuan pajak hanya berlaku untuk wajib pajak yang sudah terdaftar di tahun sebelumnya.

2. Sertakan Surat Pernyataan

Wajib pajak harus menyertakan lampiran surat pernyataan yang berisikan tanda tangan dari wajib pajak atau kuasa wajib pajak. Surat pernyataan akan berisikan penyataan mengenai peredaran bruto usaha yang diperoleh dan diterima dan surat pernyataannya menjadi bukti bahwa wajib pajak telah masuk klriteria untuk dikenao PPH final.

Tidak hanya itu, wajib pajak juga harus memasukan lampiran peredaran bruto yang muncul setiap bulan sebelum diajukannya SKP dan hal ini harus dijalankan oleh wajib pajak yang sudah terdaftarpada tahun yang sama dengan tahun pengajuan SKB pajak.

3. Tanda Tangan

Syarat untuk mengajukan SKB pajak yang sangat penting yaitu penyertaan tanda tangan dan ketika tanda tangan tidak dilakukan oleh wajib pajak, maka harus dilampirkan surat kuasa.

4. Permohonan Penerbitan

Ketika wajib pajak telah melakukan pengajuan atau permohonan penerbitan SKB pajak di kantor pelayanan pajak terdekat, maka permintaan akan diproses dalam waktu kerja 5 hari. Setelah semua persyaratannya dipenuhi, maka anda tinggal menunggu hasil pengajuan SKB pajaknya. Itulah ulasan singkat mengenai cara mendapatkan surat keterangan bebas pajak dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.